AICoSH 2019

BACKGROUND

 

Setiap komunitas, baik kecil maupun besar, pasti mengalami proses perubahan atau transformasi. Proses transformasi dapat terjadi dengan cepat (revolusi) atau perlahan-lahan (evolusi), alami atau dipaksa (non-alami). Proses transformasi merupakan hal yang tidak dapat dihindari di masyarakat. Dalam prosesnya, transformasi sosial yang terjadi dalam masyarakat dapat melalui berbagai cara yang berbeda tergantung pada konteks sosial-politik yang mengelilinginya. Membincangkan transformasi sosial secara tidak langsung berhubungan  tentang fenomena sosial politik itu sendiri.

Di Indonesia, seperti di banyak negara lain, permasalahan agama masih dianggap sebagai faktor penting. Dinamika sosial yang terkait dengan agama dan identitas kolektif berbasis agama selalu menjadi topik hangat terutama mendekati pemilihan umum. Penggunaan agama dan simbolnya dilakukan dengan berbagai macam cara. Mulai dari penggunaan lambang keagamaan oleh berbagai partai politik, meningkatnya jumlah kasus penghujatan, penurunan toleransi di kalangan umat beragama, hingga konsumsi barang dan jasa yang menggunakan label agama. Dalam contoh terakhir, religiusitas bukan hanya sesuatu yang memiliki karakter etis-ideologis, tetapi juga menjadi sesuatu yang merupakan eksistensialis estetis.

Selain itu, tren juga muncul dalam beberapa kelompok sosial yang mencoba untuk meggunakan agama melampaui batas tradisional. Dalam kelompok ini, agama tidak hanya untuk dipraktikkan dalam bentuk formal, tetapi dalam bentuk spiritualitas yang lebih cair dan melintasi batas identitas keagamaan. Munculnya kelompok kreatif yang mengusung tema damai dan melibatkan generasi muda merupakan salah satu contoh karakternya sendiri.

Memahami berbagai peran agama, identitas dan peran dalam transformasi sosial merupakan tujuan dari konferensi internasional ini. Konferensi ini akan diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Tujuan dari konferensi ini untuk membantu komunitas akademik dan pembuat kebijakan melihat lebih kritis tentang keragaman, tantangan dan peluang dalam transformasi sosial. 

 

Tema dan Sub Tema

 

“4.0 REVOLUTION: RELIGIOUSITY, IDENTITY AND SOCIAL TRANSFORMATION”

 

Ilmu Komunikasi

  • New Media and Identity
  • New Media and Participatory Culture
  • Communication and Gender
  • Marketing Communication and IR 4.0
  • Digital Literation
  • New Media and Politics
  • Challenge on Islamic Communication in Millennials Era
  • Digital Religion Practices on Moslem Youth

Sosiologi

  • Religion and Social Change
  • Religion and Politics Identity
  • Religion, Democracy and Citizenship
  • The rise of the Islamic Middle Class and Social Change
  • Islamic  Populism
  • Religion and Violent Extremism
  • Youth and Peace Movement Religion, Women and Justice

Psikologi

  • Religion and Mental Health
  • Religion and The Workplace                                  
  • Religion and Positive Psychology for Strengthening Families and Societies
  • Religion in Applied Psychology

 

CONFERENCE

25-27 June 2019


PROGRAM REPORT